Kode ICD 10 Colic Abdomen Penyakit Kolik Abdomen

Posting Komentar

Kode ICD 10 Colic Abdomen Penyakit Kolik Abdomen

kode icd 10 colic abdomen

Kode ICD 10 Colic Abdomen, disebut juga diagnosa kolik abdomen. Casemix dalam koding BPJS kesehatan terkadang menemuka penyakit dengan gejala sakit perut

Berapa Kode ICD 10 Colic Abdomen

Sebagai koder yang baik, maka menjadi penting untuk mengetahui apa itu colic abdomen sebelum menentukan Kode ICD X kolik abdomen

Penjelasan Colic Abdomen

Untuk menentukan kode icd colic abdomen, simak penjelasan tentang kolik

Colic abdomen merupakan rasa sangat nyeri pada perut yang memiliki sifat kadang hilang dan timbul. Hal yang menjadi dasar terjadinya, kolik abdomen adalah penegangan pada otot, penyumbatan, atau meradangnya organ di dalam rongga perut, seperti pada usus hingga rektum, kantong empedu dan ginjal, atau saluran kemih.

Kejadian Kolik pada bayi juga cukup sering terjadi. Selain pada bayi, keluhan nyeri terjadi juga pada orang dewasa. kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter.

Ciri-Ciri hingga Penyebab dari Colik Abdomen

Ciri-ciri Pada orang dewasa, Terkadang orang dewasa mengeluh karena keluhan yang muncul tiba-tiba terjadi sesekali, berulang dalam hitungan bulan, sampai bertahun-tahun.

Sakit perut ditandai oleh rasa nyeri yang cukup parah, kadang mereda secara tiba-tiba, dan kemudian datang lagi nyerinya. Penyebab kolik abdomen Pada orang dewasa, bisa dikarenakan disebabkan oleh beberapa penyakit, yaitu:

Colic usus

Colik usus ini merupakan nyeri yang berasal dari usus halus ataupun usus besar. Penyebab Kondisi ini karena berbagai gangguan di usus besar, seperti peradangan dan infeksi, hingga penyumbatan dalam usus yang mengakibatka makanan dan cairan terganggu untuk dapat melewati usus (ileus obstruktif).

Gangguan di usus ini bisa disebabkan beberapa hal;
Peradangan pada usus, contohnya usus buntu dan penyakit Crohn, Demam tifoid, Hernia, Sumbatan pembuluh darah (iskemia) pada usus. Terbentuknya jaringan parut yang diakibatkan oleh operasi perut atau operasi panggul, Divertikulitis, Kanker usus.

Gejala kolik usus ini dapat berupa rasa sakit perut, kemudian susah buang air besar dan susah kentut, muntah, hingga penurunan nafsu makan.

Peritonitis

Rongga perut memiliki lapisan yaitu lapisan pelindung yang disebut peritoneum. Saat lapisan tersebut meradang karena adanya infeksi bakteri, itulah yang dapat menjadi penyebab terjadi kondisi peritonitis.

Orang yang mengalami kejadian peritonitis dapat menunjukkan gejala seperti demam, lemas, hingga nyeri perut berat (colic abdomen) disertai juga perutnya menjadi mengeras dan akan lebih merasa nyeri lagi ketika ditekan.
Yang menyebabkan Peritonitis ini bisa oleh banyak hal, mulai dari usus buntu yang pecah, bisa juga karena adanya lubang pada lambung, di usus, dan pada empedu, pankreatitis, hingga penyakit radang panggul.

Colic bilier

Kolik bilier adalah juga nyeri perut yang biasa timbul karwna penyumbatan pada saluran empedu oleh batu empedu. Ketika saluran empedu terjadi penyumbatan atau tersumbat, otot yang berada di sekitar saluran tersebut berkontraksi kuat untuk memindahkan batu empedu yang ada, sehingga menyebabkan kolik bilier.

Keluhannya bisa ditandai dengan rasa nyeri yang cukup hebat dan konstan yang tiba-riba muncul di sisi kanan perut bagian atas. Sensasi Nyerinya dapat menyebar sampai tulang belikat kanan dan disertai mual hingga muntah.
Seiring waktu, Rasa sakit bisa meningkat, tapi biasanya tidak melebihi beberapa jam. Nyeri dapat terjadi setelah seseorang memakan makanan berlemak atau makan dalam porsi besar saat berbuka puasa.

Colic ginjal

Kolik ginjal adalah nyeri akibat adanya penyumbatan di saluran kemih oleh batu ginjal dan gumpalan darah, hingga infeksi. Keluhannya dapat ditandai nyeri hebat di punggung bawah atau samping, sisi kiri, kanan, dan sisi keduanya. Kadang-kadang rasa nyeri hingga ke perut dan pangkal paha.

Umumnya Nyeri kolik ginjal muncul tiba-tiba, dan hilang timbul, akan semakin parah seiring waktu ke waktu. Gejala lain meliputi sakit ketika BAK, demam, mual hingga muntah.
Selain penyebab di atas, penyebab lain kolik abdomen seperti;

  • tukak lambung
  • hamil di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • hepatitis
  • endometriosis
  • hingga gangguan pada indung telur atau ovarium

Ini adalah Kode Diagnosa ICD 10 Colic Abdomen

Diagnosa kode ICD 10 Colic Abdomen yaitu R10.8 atau other abdominal pain

Untuk akut abdomen R10.0 acute abdomen
Kode icd K38.8 Other specified diseases of appendix 

Kode icd K56 Paralytic ileus. Lainnya...

K80.8 Cholelithiasis

Kode ICD-10 R10.8 untuk colic adalah klasifikasi medis seperti yang terdaftar oleh WHO di bawah kisaran - Gejala, tanda dan temuan klinis dan laboratorium yang tidak normal, tidak diklasifikasikan di tempat lain.

Colic abdomen
Kolik NOS
Kolik infantil
Kecuali: sakit perut pada orang dewasa dan anak di atas 12 bulan (R10.84)
R10
Kecuali: kolik ginjal (N23) Unspecified renal colic
Kecuali: dorsalgia (M54.-)
perut kembung dan kondisi terkait (R14.-)

Artikel Rekam Medis Terkait

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter